Tips

Cara berjualan di Shopee

jualan di shopee

Langkah mudah mulai jualan di shopee

Saat ini bukan lagi zamannya Anda hanya menjadi sebatas konsumen di tengah geliat pertukaran barang dan jasa yang sangat pesat. Keberadaan teknologi digital dan jaringan internet sangat memungkinkan Anda untuk menjadi produsen sekaligus pedagang dengan cara yang sangat mudah.

Cara tersebut yakni dengan bergabung menjadi pedagang online, dengan memanfaatkan sejumlah media sosial serta situs belanja online. Shopee merupakan salah satu situs belanja online yang mempersilakan Anda untuk tidak sebatas jadi konsumen, tapi juga bisa menjadi pedagang.

Jika Anda merasa mampu untuk menyediakan barang yang bagus dan berkualitas, apapun itu, mengapa tidak? Siapa tahu Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan karenanya. Terlebih, menjadi pedagang di Shopee sangatlah mudah dari segi registrasi maupun aturan main lainnya.

Untuk memudahkan anda dalam memulai jualan di shopee. Berikut ini kami berikan beberapa langkah praktis memulai jualan online di shopee.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal aplikasi shopee di handphone android anda. Download aplikasi shopee di playstore. Jangan lupa mendaftar dan membaca ketentuan jualan di shopee.
  2. Tidak semua barang bisa dijual di Shopee. Pastikan barang Anda tidak masuk kategori barang yang dilarang dijual di jual beli terpercaya ini. Di antara daftar barang yang dilarang atau dibatasi untuk dijual melalui Shopee di antaranya alkohol, produk binatang dan satwa liar.
  3. Barang lainnya yang dilarang untuk diperjualbelikan di Shopee yakni artefak dan barang antik, mata uang dan prangko palsu, obat-obatan terlarang, senjata api dan barang-barang terlarang lainnya. Anda bisa melihat daftar barang yang dilarang secara detail melalui aplikasi Shopee.
  4. Setelah memastikan bahwa produk Anda aman dan tidak masuk kriteria barang yang dilarang, Anda bisa menginjak ke tahap selanjutnya, yakni mengeklik tombol bergambar kamera dan tulisan “Jual” untuk mengambil foto barang dagangan Anda, atau mengambilnya dari gallery handphone Anda.
  5. Pengunggahan gambar jualan bisa dilakukan dari mulai satu hingga sembilan foto untuk setiap produk. Dari sejumlah gambar yang diunggah, Anda bisa menetapkan gambar yang mana yang bisa jadi foto utama yang nantinya dipajang sebagai display.
  6. Anda kemudian harus mengisi rincian produk seperti kategori, harga produk, stok, variasi, berat dan ongkos kirim. Tuliskanlah data-data yang diminta sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya. Percaya dirilah pada barang yang ingin Anda jajakan di toko online Shopee. Selama ia barang yang bermanfaat dan berkualitas, Anda tidak perlu ragu untuk berjualan.
  7. Verifikasi nomor kontak (nomor handphone) Anda agar produk Anda bisa dipasang di platform Shopee dan ditampilkan pe publik.
  8. Shopee memiliki aplikasi terbaru, yakni fitur “Auto Reply Chat”. Melalui fitur ini, penjual bisa memanfaatkannya untuk menyapa pembeli secara otomatis. Jadi ketika pembeli mengirimkan pesan chat kepada toko Anda, ia akan secara otomatis mendapatkan balasa chat dari Anda untuk sekadar menyapa.

***

Baca juga:

Demikianlah cara mudah memulai jualan di Shopee. Setelah Anda bergabung dengan Shopee, bersiaplah memproses pesanan pelanggan, atau sekadar menjawab chat dari konsumen yang penasaran dengan ketersediaan barang, kualitas maupun pertanyaan spesifik soal barang lainnya.

Satu hal lagi yang tak boleh luput dari perhatian, para pedagang online di Shopee harus menjaga kredibilitas dan kesan yang baik di hati pelanggan. Dengan begitu, toko online Anda sedikit demi sedikit akan terkenal dan diserbu pembeli dari seluruh penjuru bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *