Kesehatan

Cara menghilangkan karang gigi tanpa ke Dokter

cara-menghilangkan-karang-gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara menghilangkan karang gigi untuk Anda yang takut atau enggan pergi ke dokter gigi bisa  Anda lakukan sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Namun sebelum Anda mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan karang gigi tanpa harus pergi ke dokter, Anda perlu mengetahui beberapa hal terkait dengan karang gigi.

Karang gigi adalah timbunan plak yang sudah mengeras pada gigi yang disebabkan oleh  sisa-sisa makanan yang bercampur dengan protein dan bakteri yang berada di dalam mulut.

Apabila plak gigi ini tidak dibersihkan secara rutin maka lama-kelamaan akan mengeras dan sedikit demi sedikit membentuk karang gigi dan akan menyebabkan bau mulut yang tak sedap, serta dapat menyebabkan kondisi lainnya, termasuk sarro, yaitu  suatu kondisi yang dapat berkembang saat sisa makanan mengeras, serta kapur gigi dapat menyebabkan pendarahan serta halitosis.

Hingga saat ini belum ada cara yang pasti untuk mencegah berkembangnya plak gigi, tetapi Anda bisa melakukan pencegahan yang dapat dilakukan di rumah agar dapat mengurangi akumulasi residu di dalam mulut serta dapat mencegah perkembangan penyakit.

Berikut ini adalah cara menghilangkan karang gigi yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah secara alami, dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, yaitu:

#1. Tips pertama cara Membersihkan Karang Gigi menggunakan Baking Soda. Mudah dan praktis

cara menghilangkan karang gigiBaking soda dipercaya dapat menghilangkan karang gigi yang sudah tebal dan sudah keras, serta dapat memutihkan gigi. Yang harus Anda lakukan pertama-tama yaitu, baking soda harus dibuat sebagai pasta gigi terlebih dahulu.

Caranya yaitu Anda ambil 1 sdm baking soda dan tambahkan dengan sedikit garam kemudian aduk-aduk hingga merata. Gunakan campuran baking soda dan garam untuk menggatikan pasta gigi yang biasa Anda pakai untuk menggosok gigi Anda.

Lakukan secara rutin agar  mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa melakukannya setiap hari seperti jadwal anda menggosok gigi menggunakan pasta gigi biasa.

 #2. Sukah sirih? Berikut ini adalah cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mengunyah Daun Sirih

Mungkin Anda pernah melihat nenek yang masih suka mengunyah daun sirih, ternyata daun sirih dapat membersihkan karang gigi serta menghilangkan bau mulut yang kurang sedap, mangkanya banyak orang-orang tua dulu yang jarang terkena sakit gigi. Sebagian orang juga menyakini mengunyah sirih juga sebagai salah satu cara mengatasi gigi berlubang yang biasanya memicu sakit gigi.

Caranya yaitu Anda ambil 1 lembar daun sirih dan tambahkan dengan 1 batang cengkeh, kemudian haluskan namun jangan terlalu halus setelah itu Anda bisa mengunyahnya.

Anda bisa membeli daun sirih dipasar tempat anda tinggal. Harga daun sirih juga relatif murah sehingga tidak akan menguras isi kantong anda. Mudah-mudahan anda berhasil.

 #3. Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Menggunakan Kulit Jeruk

Cara yang satu ini cukup sederhana sekali untuk menghilangkan karang gigi, dengan cara alami, cepat dan tradisional yaitu dengan menggunakan kulit jeruk. Caranya yaitu ambil kulit jeruk kemudian cuci hingga bersih, lalu gosok-gosok gigi Anda dengan kulit jeruk hingga rata, lakukan cara ini malam hari menjelah tidur, setelah digosokkan jangan langsung berkumur, biarkan semalaman hingga esok pagi hari setelah bangun tidur baru Anda berkumur. Lakukan cara ini    setiap hari menjelang tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

#4. Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Menggunakan Buah Kaya Vitamin C

Buah yang banyak mengandung vitamin C dapat digunakan sebagai pasta gigi, ini sangat baik bagi kesehatan mulut Anda. Caranya yaitu Anda bisa menggunakan buah seperti jeruk, lemon atau stroberi. Kemudian hancurkan buah tersebut hingga halus lalu gunakan pasta gigi dari buah untuk menggosok gigi seperti biasa Anda menggosok gigi. Lakukan cara ini setiap hari agar hasilnya maksimal.

Itulah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk menghilangkan karang gigi.

Baca juga : Cara mengecilkan lengan tangan dengan mudah

Penyebab Karang Gigi

membersihkan karang gigiKarang gigi bukan hanya dapat mengganggu penampilan Anda, tetapi karang gigi juga dapat menjadi penyebab masalah mulut dan gigi. Sangat penting sekali untuk Anda mengetahui penyebab terjadinya karang gigi agar dapat mencegahnya.

Karang gigi kalau di dalam bahasa medis disebut kalkulus, yang disebabkan oleh penumpukan plak gigi yang telah mengeras yang akhirnya dapat melapisi bagian-bagian gigi. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan serta protein yang tercampur dengan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan terbentuknya plak gigi hingga menyebabkan terjadinya karang gigi.

Plak gigi itu sendiri dapat merusak enamel gigi, hingga dapat menyebabkan rongga serta kerusakan gigi permanen serta gusi dapat menjadi bengkak dan berdarah yang di sebabkan oleh bakteri yang dibawa oleh plak gigi, jika di biarkan karang gigi yang sudah tebal menumpuk akan menyebabkan bau mulut, karena terbentuknya karang gigi disebabkan oleh mikroorganisme yang menghasilkan sulfur, yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap.

Obat Karang Gigi

Untuk menghilangkan karang gigi, selain dengan cara alami bisa juga dengan menggunakan obat karang gigi yang tersedia di apotik. Berikut ini ada beberapa obat untuk menghilangkan karang gigi  yang bisa Anda gunakan, seperti :

Menggunakan Dental Peeling Stick

Sebuah produk yang didesain khusus sebagai penghilang karang gigi yang menggunakan serat mikro sehingga mampu menghilangkan kotoran yang berada pada bagian permukaan gigi. Dental peeling stick ini memang khusus diformulasikan untuk memutihkan gigi secara cepat dan dapat menghilangkan noda yang berada pada bagian permukaan gigi, bahkan dapat meresap hingga ke dalam untuk membersihkan karang gigi dengan efektif dan cepat, anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke klinik gigi.

Menggunakan Pearl Drops Instan White Ultra

Pearl Drops Instan White Ultra ini merupakan obat yang berfungsi untuk memutihkan gigi yang telah terbukti sangat manjur serta dapat memberikan hasil dengan cepat. Pearl Drops Instan White Ultra juga dapat menghilangkan plak ataupun karang gigi yang sudah menahun dan sangat sulit dibersihkan. Dengan pemakaian sekali saja, gigi yang kuning dan penuh dengan karang gigi akan cepat menjadi bersih.

Menggunakan Clean And Natural

Produk ini berupa cairan yang dapat menghilangkan karang gigi dengan cepat dan juga sangat efektif untuk membersihkan serta menghilangkan plak serta karang gigi yang menempel pada gigi, akibat kurang teratur membersihkan gigi. Clean And Natural merupakan obat alami sehingga sangat aman untuk digunakan oleh siapa saja. Dengan pemakaian secara teratur gigi Anda akan bersih serta bebas dari bau mulut.

Biogaia

Produk yang satu ini berbeda dengan yang lain, Biogaia adalah permen karet yang mengandung Lactobacillus reuteri yang dapat menurunkan prosentasi ginggivitis serta plak gigi hanya dalam jangka waktu 14 sampai 28 hari. Lactobacillus reuteri sudah terbukti lebih tajam dibandingkan dengan Xilitol ataupun Sobitol untuk menurunkan kadar plak pada gigi.

Itulah beberapa obat untuk menghilangkan karang gigi. Agar gigi Anda tetap bersih dan sehat maka rawatlah gigi Anda secara benar dan teratur. Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat gigi dengan baik agar terbebas dari karang gigi

Cara Merawat Gigi

Untuk menjaga agar gigi dan mulut tetap bersih dan sehat, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, walaupun ini seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang, namun harus tetap  dilakukan agar gigi dan mulut tetap sehat dan tidak mudah terkena berbagai penyakit. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan:

  1. Menggosok gigi secara teratur minimal 2 kali sehari setelah makan pagi dan malam sebelum tidur, dengan menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride.
  2. Berkumur dengan menggunakan obat kumur 1 kali dalam seminggu, untuk mencegah agar tidak terjadi plak serta karang gigi
  3. Lakukan menyikat gigi dengan baik dan benar, caranya dengan menjangkau seluruh bagian permukaan gigi dengan arah dari atas ke bawah mulai dari gusi ke gigi.
  4. Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut
  5. Mengurangi makanan yang memiliki kandungan gula berlebih seperti permen atau makanan yang bertepung, karena sisa-sisa makanan ini bisa menempel pada gigi
  6. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran seperti apel, seledri dan wortel, yang dapat membersihkan gigi.
  7. Kurangi meminum kopi, teh serta anggur merah
  8. Berhentilah merokok
  9. Lakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi.

Nah, itulah beberapa tips cara menghilangkan karang gigi serta bagaimana cara merawat gigi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *