Kerajinan

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

sandal dari koran bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Barang yang sudah tidak dipakai atau barang bekas biasanya main taruh saja di gudang, bahkan ada orang yang membuangnya ke tempat sampah, karena dianggap bisa mengotori bahkan dapat membuat rumah jadi berantakan sehingga menjadi tidak nyaman ditempati dan tidak sedap dipandang mata, padahal dari barang bekas tersebut bisa dibuat kerajinan tangan.

Dari barang bekas bisa dibuat suatu kreasi yang memiliki nilai sangat tinggi, untuk itu dibutuhkan kreatifitas dan mau mengeluarkan tenaga, maka yang tadi nya barang bekas hanya menjadi sampah kini bisa menjadi barang-barang yang unik dan dapat dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan serta  bisa juga dijadikan sebagai barang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap hari tentunya banyak sekali barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai, yang bisa  kita jumpai di sekitar kita, mulai dari botol plastik, kertas koran, kardus, sedotan, kertas serta masih banyak lagi barang-barang bekas yang  lainnya.

Dengan kreatifitas serta tenaga yang kita punya, barang bekas tersebut bisa di sulap menjadikan suatu kreasi kerajinan tangan yang cukup unik sesuai dengan imajinasi dan selera kita sehingga bisa menjadi barang yang bermanfaat.

Baca juga :

Untuk menciptakan suatu barang yang unik, menarik serta bermanfaat yang terbuat dari barang bekas, selain memiliki kreatifitas serta tenaga, dibutuhkan yang namanya keterampilan tersendiri. Dari bentuk barang yang akan dibuat, mungkin ada kerajinan tangan yang dengan mudah dibuat bahkan ada juga bentuk kerajinan tangan yang akan dibuat memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan membutuhkan keterampilan khusus.

Jika masih baru belajar membuat kerajinan tangan dari barang bekas, sebaiknya membuat dari bentuk yang sederhana terlebih dahulu, setelah sudah terbiasa baru mencoba membuat bentuk kerajinan tangan yang lebih kompleks. Selain itu dibutuhkan kesabaran dan ketekunan yang sangat ekstra, jika tidak sabar dan tekun dalam mengerjakannya maka barang yang dibuat tentunya tidak akan unik, menarik dan juga tidak akan bermanfaat untuk di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:

Selain dipakai sendiri hasil kerajinan tangan yang terbuat dari barang bekas, ternyata kerajinan tangan dari barang bekas ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan, disamping modal yang dibutuhkan tidaklah begitu besar, bisnis ini bisa di kerjakan dari rumah.   selain mudah untuk mendapatkan barang bekas, harganya juga cukup murah, dengan cara ini  dapat meminimalisir biaya bahan baku dan hasilnya bisa dijual dengan harga tinggi dan tentunya akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Produk kerajinan tangan yang di kerjakan dengan tangan-tangan orang yang memiliki kreatifitas tinggi, serta imajinasi yang luar biasa, akan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, selain itu orang yang memiliki kemampuan membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang memiliki nilai jual tidak banyak yang bisa membuatnya, serta barang yang diproduksinya juga terbatas.

Produk kerajinan tangan ini banyak sekali di jumpai di tempat-tempat wisata, selain wisatawan lokal yang menyukai produk kerajinan tangan, ternyata wisatawan mancanegara juga sangat menyukai produk kerajinan tangan yang dibuat dari barang bekas, karena bentuknya yang terlihat unik dan menarik. Bahkan produk-produk yang terbuat dari barang bekas ini sudah mulai dipasarkan hingga keluar negeri oleh para distributor kerajinan tangan.

Untuk pasaran luar negri harga jualnya akan lebih tinggi, karena banyak biaya-biaya lainnya yang harus diperhitungkan juga, dibandingkan dengan harga jual di dalam negeri.

Ini dia daftar Kerajinan dari Barang Bekas yang bisa anda kerjakan dari rumah

Setiap hari yang nama nya barang bekas akan selalu ada, dari baraneka ragam ukuran serta jenisnya, seperti botol bekas, kaleng bekas, plastik serta masih banyak lagi barang bekas lainnya.

Jika ada barang-barang bekas yang ada sikitar rumah, jangan langsung dibuang dulu, semua itu bisa dibuat kerajinan dari barang bekas, dengan kreatifitas yang dimiliki barang yang tadi nya sudah tidak terpakai bisa diubah menjadi barang yang memiliki nilai tinggi.

Berikut ada beberapa contoh kerajinan dari barang bekas yang bisa dibuat menjadi sesuatu yang menarik dan unik dengan mudah:

#1. Membuat Pas Bunga dari Botol Minuman

Biasanya jika kita minum-minuman kemasan botol atau kaleng, setelah isinya habis kalengnya langsung dibuang, ternyata botol atau kaleng bekas minuman bisa dibuat menjadi pas bunga yang cantik dan unik. Dengan kreatifitas yang dimiliki, botol atau kaleng bekas minuman yang tadinya dilihat hanya sebagai sampah kini bisa dibuat menjadi kerajinan tangan yang unik, salah satunya dibuat pas bunga.

#2. Tempat Tisu dari Kaleng Bekas

Bagi yang masih memiliki balita dirumah dan masih meminum susu formula sebagai tambahan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Pasti akan banyak sekali kemasan kaleng susu yang menumpuk dirumah, daripada kaleng bekas susu ini tidak dimanfaatkan hanya menjadi sampah, lebih baik dibuat sesuatu yang lebih bermanfaat.

Salah satunya yaitu membuat tempat tisu, tinggal memberi lubang pada bagia atas tutup kaleng digunakan untuk mengeluarkan tisu. Agar terlihat lebih cantik dan menarik, pada bagian luarnya bisa ditutupi dengan stiker bergambar.

#3. Miniatur Rumah Mini untuk Kucing Peliharaan

Jika dirumah ada kardus agak besar, biasanya kardus bekas elektronik besar dan lebih tebal.   Kardus ini bisa dibuat kandang untuk hewan kucing peliharaan. Lubangi salah satu sisinya, sesuaikan dengan ukuran tubuh kucing peliharaan sebagai pintu keluar masuk, dibagian sisi lainnya diberikan lubang kecil sebagai jendelanya. Walau hanya terbuat dari kardus bekas, bukan berarti kandang kucing ini murahan, malah terlihat lebih unik dari kandang kucing lainnya.

#4. Mini Pot dari Cangkang Telor

Jika memasak telur di rumah pasti cangkang telur dibuang, mungkin dari sebagian orang tidak pernah terlintas di dalam pikirannya untuk memanfaatkan limbah dari telur. Ternyata cangkang telur yang sudah tidak terpakai bisa dijadikan sebagai pot mini untuk menanam tanaman bunga yang kecil, bentuknya yang alami, unik juga lucu. Pilihlah tanaman hias  yang bisa di tanam dalam pot cangkang telur model tanaman minimalis, karena bentuk cangkang telur tidak terlalu besar jadi hanya tanaman yang kecil yang bisa di tanam dalam cangkang telur.

#5. Vas Bunga dari Botol Kaca Bekas

Banyak botol-botol bening bekas minuman atau bekas parfum dirumah, jangan di simpan begitu saja nanti lama-kelamaan akan semakin banyak dan memakan tempat atau jangan buru-buru dibuang, botol kaca bekas minuman atau parfum bisa dibuat untuk pas bunga yang cantik dan menarik, untuk membuat nya sangat mudah sekali. Cuci bersih botol kaca yang mau digunakan, lalu keringkan, siapkan cat dengan warna yang disukai untuk mewarnakan botol.

Setelah botol kaca kering masukkan cat secukupnya ke dalam botol, lalu putar-putar secara perlahan-lahan agar bagian dalam botol kaca tertutup rata dengan cat. Jemur dan biarkan sampai cat benar-benar kering, setelah cat dalam botol kaca kering, kini botol kaca bekas sudah menjadi pas bunga yang cantik dengan warna yang menarik.

Hasil Karya dan Kreasi dari Bahan Bekas

Disekitar kita banyak sekali barang-barang bekas yang bisa dibuat sebagai karya dan kreasi dari bahan bekas, dari pada menumpuk jadi sampah barang bekas bisa dijadikan suatu kerajinan    tangan yang unik dan menarik yang memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa barang-barang bekas yang bisa dibuat jadi kerajinan tangan diantaranya :

#1. Tempat Tisu dari Koran Bekas

Koran yang telah selesai dibaca akan berakhir begitu saja, lama kelamaan akan menumpuk digudang menjadi koran bekas yang tidak terpakai, dan hanya memenuhi tempat saja. Agar koran bekas menjadi berguna bisa dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan. Salah satunya koran bekas bisa dibuat sebagai tempat tisu yang bisa bermanfaat.

Untuk membuatnya ambil koran yang sudah tidak terpakai, lalu digulung bulat sampai sebesar  sedotan atau sedikit lebih besar, buat beberapa gulangan. Setelah gulungan sudah banyak kemudian potong-potong dengan ukuran yang sama sesuai dengan kebutuhan. Susun gulungan potongan-potongan koran tadi dibagian luar karton atau kardus tebal sebagai dasar tempat tisu, untuk merekatkannya gunakan lem kertas, susun dengan rapi sampai kardus tertutup semua   dengan gulungan koran.

#2. Membuat Tas dari Koran Bekas

Mau punya tas unik dari koran bekas, dari pada koran bekas hanya jadi sampah saja lebih baik di manfaatkan menjadi kerajinan tangan yang unik seperti tas yang terbuat dari koran bekas.

Untuk membuatnya sediakan koran, tali, gunting serta lem, langkah pertama koran dilipat kecil-kecil memanjang, lalu lipatan koran digulung membentuk lingkaran. Untuk ukuran lingkarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, buat lingkaran yang banyak sebelum di rakit. Agar gulungan menjadi kuat gunakan lem kertas untuk merekatkannya. Setelah terkumpul banyak gulungan kertas koran nya, satukan gulungan-gulungan koran membentuk sebuah tas dengan menggunakan lem, agar lebih kuat tambahkan ikatan dengan tali agar jauh lebih kuat lagi.

#3. Membuat Dompet dari Botol Pelastik Bekas

Kalau dirumah ada botol pelastik bekas minuma soda bisa yang ukuran 1.5 liter bisa juga yang ukuran 600 ml, sesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya: 2 buah botol dengan warna yang sama, resleting dengan ukuran 30-40 cm, lem UHT bisa juga gunakan lem tembak, gunting, curter serta hiasan untuk dompet. Untuk membuatnya cukup mudah sekali, potong dengan rapih ke dua botol yang sudah disiapkan pada bagian bawah botol dengan ukuran yang sama, untuk ukuran tingginya bisa disesuaikan dengan selera.

Setelah dipotong tempelkan resleting pada bagian luar ujung ke dua botol agar bisa menyatu, hati-hati   jangan sampai resletingnya ikut kena lem. Jika resleting sudah semua di lem dan masih ada lebih resletingnya bisa dipotong. Tahap terakhir berikan hiasan pada dompet botol agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Nah, itulah beberapa cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita, menjadi produk-produk unik yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi dan bisa dijadikan suatu peluang bisnis untuk menambah penghasil. Silahkan mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *