Kuliner

Asyiknya Lidah Digeboy Legitnya Durian Musang King

durian musang king

Ini dia satu lagi variasi jenis durian yang selalu diburu para pecinta durian di seluruh negeri. Namanya Durian Musang king, asal Tanah Merah, Kelantan Malaysia. Durian ini pertama kali diperkenalkan pada 1990 dan langsung booming, sebab rasa dan tampilannya yang istimewa, di mana daging buahnya berwarna kuning, lembut, ada sedikit sensasi pahit yang menyenangkan serta bijinya kempes.

Alasan orang menyebutnya musang king sebab lokasi pohon induk konon kabarnya berlokasi di dekat Gua Musang di Kelantan. Di Negara asalnya, Durian Musang King disebut dengan nama “mou san wan” artinya “raja kucing”. Ada juga masyarakat yang menyebutnya “Raja Kunyit” karena warna daging duriannya yang kuning.

Apa Saja Ciri-Ciri Durian Musang King?

Para pecinta durian pastinya sudah sangat paham untuk membedakan durian berdasarkan jenis, asal dan keunggulannya. Namun bagi penggemar durian pendatang baru, Anda harus benar-benar jeli membedakan durian Musang King dengan jenis yang lainnya agar proses icip-icip durian ini jadi lebih bermakna.

Berikut ini kami paparkan informasi tentang ciri-ciri Durian Musang King yang dapat Anda jadikan referensi. Adapun ciri-ciri Durian Musang King di antaranya:

  1. Warna kulit durian musang king berwarna hijau kekuning-kuningan. Terdapat gradasi warna yang berada di antara ujung duri hingga ke dasar kulit.
  2. Bentuk duri pada durian musang king durinya berbentuk piramida. Letak antar duri berjauhan satu dengan yang lainnya.
  3. Seperti durian pada umumnya, durian musang king juga memiliki garis pembelah kulit. Namun penampakan garis pembelah kulit pada durian biasa kerap kurang jelas bahkan tidak tampak. Sedangkan garis pembelah kulit pada durian musang king sangat kentara jelas, dimulai pada ujung bawah buah durian yang membentuk pola bintang.
  4. Durian pada umumnya memiliki mahkota, yakni pertemuan antara tangkai dan buah. Mahkota pada durian musang king tampak tidak berduri. Selain itu, awal dari duri mulai tumbuh terlihat menjauh dari tangkai buah. Selain itu, tangkai durian musang king pun cukup panjang.
  5. Ciri durian musang king yang paling kentara adalah dari warnanya yang kuning cerah. Di sisi lain, tekstur dagingnya juga lembut dan legit sehingga mampu menggeboy lidah Anda dengan kenikmatannya.

***
Durian Musang king saat ini telah beredar di pasar-pasar buah Indonesia, bahkan keberadaannya menyaingi durian montong yang telah lama menjadi primadona. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menjangkaunya untuk segera menikmatinya. Saking berharganya, harga durian musang king per kilonya dapat mencapai 200 ribu per buah.

Anda juga bisa mengakses website www.jualbibitdurianmusangking.com untuk mengetahui segala informasi tentang durian musang king, bibit durian terkait serta bagaimana cara menanam dan merawat durian asal negeri jiran ini.

Bagaimana Cara Menanam Durian Musang King?

Jika Anda tertarik untuk menanam durian jenis ini secara mandiri di rumah, segeralah mendapatkan bibitnya di toko bibit yang tersedia. Lantas, lanjutkanlah dengan serius melakukan penanaman. Berikut ini langkah-langkah menanam bibit durian musang king:

  1. Mula-mula, siapkan lahan dengan cara membersihkannya dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Pastikan area penanaman tersinari matahari secara optimal.
  2. Selanjutnya, siapkan lubang tanam untuk bibit dengan ukuran panjang kali lebar kali tinggi sepanjang 50 sentimeter. Biarkan lubang itu terkena sinar matahari selama dua hingga tiga hari untuk memastikan segala kuman dan bakteri di dalamnya mati terjemur.
  3. Masukkan bibit durian ke dalam lubang, lepaskan dari polybag, pendam tanah bibitnya tapi jangan sampai mengubur batang pohon. Pendam tanah dengan cara menanam menggunduk atau kondisinya rata dengan tanah yang dibawa bibitnya.
  4. Jika bibit ditanam di area panas, tutuplah bawah pohon dengan jerami agar kelembaban tanahs selalu terjaga. Jangan lupa menyiram pohon setiap sore hari juga musim kemarau tiba.
  5. Lakukan pemupukan organik setiap bulan serta pupuk kandang setiap 3 bulan. Dosis pupuk dan cara taburnya menyesuaikan dengan petunjuk penggunaan.

Demikianlah informasi seputar Durian Musang King yang rasanya sanggup menggeboy lidah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *