Umum

Lulusan SMA. Lanjut kuliah atau langsung kerja

sekolah penerbangan

 

Baru lulusan SMA, lanjut kuliah atau kerja

Sebagian orang mungkin sudah tidak bingung lagi harus bagaimana saat mereka berhasil melewati ujian nasional. Tekad mereka sudah bulat. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Agar suatu saat mendapatkan pekerjaan yang layak.

Tapi, sebagian yang lain ternyata masih bingung harus bagaimana. Melanjutkan kuliah atau langsung kerja.

Apalagi, banyak orang-orang sukses secara finansial tidak dipengaruhi oleh jenjang pendidikan mereka. Dan ini seringkali membuat galau remaja yang baru saja tamat Sekolah menengah atas.

Nah, agar anda tidak bingung harus memilih yang mana. Berikut ini adalah beberap hal yang bisa menjadi pertimbangan bagi anda saat ingin mengambil keputusan. Lanjut sekolah atau kerja.

Langsung Kerja

Ada beberapa alasan mengapa kebanyakan tamatan SMA memilih untuk langsung melamar kerja. Menemukan pekerjaan yang sesuai dengan mereka. Beberapa alasannya adalah :

Dengan langsung bekerja, mereka bisa mandiri secara keuangan. Lagipula, Gaji untuk lulusan SMA cukuplah untuk biaya hidup mereka. Biasanya berkisar antara 1.5 juta hingga 2 juta rupiah setiap bulannya.

Jika anda berhasil mendapatkan pekerjaan, anda bisa mandiri secara keuangan. Tidak minta orangtua lagi. Bisa mengatur pengeluaran sendiri tanpa di intervensi lagi sama orangtua. Anda bisa membeli apapun yang anda inginkan selama ini.

Dengan langsung bekerja,tidak memberatkan beban orangtua. Alasan ini sebenarnya masuk akal. Tetapi, jika anda orangtua anda mampu, sebaiknya anda melanjutkan kuliah.

Itulah beberapa alasan lulusan SMA yang memutuskan untuk bekerja.

Lanjut kuliah aja

Lalu, apa pula alasan mereka yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah. Berikut ini adalah beberapa alasan yang paling umum.

Berharap dengan pendidikan yang lebih tinggi bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Baik dari sisi kerjaannya maupun dari sisi bayarannya.

Dengan kuliah, peluang mendapatkan pekerjaan lebih besar dibandingkan lulusan SMA.

Bahkan tidak hanya peluang kerjanya yang bagus. Dari sisi jenjang karir pun biasanya tamatan Sarjana jauh lebih menjanjikan dibandingkan dengan Tamatan SMA.

Nah, itulah beberapa alasan mereka mengapa memutuskan untuk bekerja atau memutuskan untuk melanjutkan kuliah.

Lalu bagaimana dengan anda yang tidak melanjutkan kuliah dan tidak pula bekerja. tentu sangat disayangkan sekali. Padahal banyak sekali yang bisa anda lakukan. Mulai dengan membuka dan merintis usaha sendiri dari rumah.

Atau jika memungkinkan, anda bisa mendaftar sekolah-sekolah dengan waktu pendidikan yang relatif singkat seperti Sekolah pramugari dan staf penerbangan. Biasanya lama pendidikan hanya berkisar antara 6 bulan hingga 1 tahun saja.

Biayanya juga relatif terjangkau jika anda harus mengikuti perkuliahan selama 4 tahun lamanya.  Apapun keputusan anda, kami harap anda tetap sukses menjalani masa depan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *