Bisnis

Cara melakukan riset Pasar

riset pasar

Validasi pasar dengan melakukan Riset pasar

Bagi para pebisnis, pasar merupakan salah satu hal terpenting yang selalu wajib dicermati dengan baik.

Geliat pasar akan sangat mempengaruhi bisnis, bahkan untuk bisnis yang dijalankan dalam skala kecil sekalipun. Inilah alasan mengapa sangat penting untuk memiliki pemahanan yang baik terkait dengan pasar yang dibidik oleh sebuah produk.

Jika pasar yang dibidik tepat, maka besar kemungkinan bisnis tersebut akan sukses dan bisa mendatangkan keuntungan yang maksimal.

Untuk hal ini, melakukan riset pasar terlebih dahulu adalah keputusan yang tepat.

Baca juga: Tipe pengunjung berdasarkan sumbernya

Riset pasar bisa membantu pebisnis dalam melihat peluang dan juga potensi keuntungan di dalam bisnis yang dijalankan.

Berikut ini adalah beberapa cara melakukan riset pasar dengan mudah dan simpel:

#1.Lakukan survey

Mendatangi dan melihat secara langsung pasar yang akan menjadi tujuan produk adalah langkah pertama yang wajib dilakukan.

Dalam aktifitas ini, pebisnis bisa melihat secara langsung potensi pasar terhadap produk yang dimilikinya.

Survey ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yang mudah, seperti: wawancara dengan orang-orang dan mendengar respon mereka terhadap produk, atau bahkan dengan cara membuat kuisioner.

#2. Cermati perkembangan pasar

Perkembangan pasar selama beberapa waktu ke belakang juga menjadi hal lainnya yang tak bisa diabaikan.

Perubahan trend yang terjadi dan juga berbagai hal lainnya yang akan mempengaruhi penjualan produk di pasar tersebut merupakan poin penting untuk menjadi pertimbangan.

#3. Lihat tingkat persaingan

Cermati juga tingkat persaingan yang akan dihadapi di pasar tersebut, terutama untuk produk-produk yang memiliki tingkat persaingan tinggi.

Hal ini penting, untuk melihat kemampuan dan juga daya saing produk yang akan dipasarkan. Jangan sampai kelak produk yang dipasarkan justru mengalami masalah atas ketatnya persaingan pasar ini.

Bukan hanya sulit dijual, produk tersebut bisa saja tidak laku sama sekali.

Untuk dimesin pencari, anda bisa menvalidasi tingkat persaingan dan minat pasar melalui riset keyword. Disana nanti kita akan mengetahui berapa orang yang benar-benar berminat dengan produk yang kita tawarkan setiap bulannya.

Trik inilah yang digunakan para Konsultan Jasa SEO untuk mengetahui level persaingan di Internet.

#4. Lakukan uji coba

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan uji coba penjualan secara langsung.

Hal ini akan mempermudah pebisnis dalam menilai pasar untuk produk yang ditujunya, termasuk untuk mengambil keputusan terhadap pasar tersebut.

Hanya saja, saat anda melakukan uji coba pasar. Pastikan anda sudah menetapkan faktor-faktor penting yang mempengaruhi perilaku pasar.

Demikianlah beberapa cara anda melakukan riset pasar, sehingga bisnis yang akan anda tekuni benar-benar sudah divalidasi dengan melakukan serangkaian riset pasar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *